Sabtu, 14 April 2012

Tugas Epidemiologi (DIII - Kebidanan)

Dalam program kesehatan, secara keseluruhan hanya  memiliki dua sasan pokok, yaitu menurunkan angka kematian dan angka kesakitan. Sasaran pokok inilah yang dijabarkan kedalam setiap program kesehatan. Termasuk juga dalam program kebidanan, program utamanya adalah menurunkan angka kematian pada Ibu Hamil/Bersalin dan Bayi,
Adanya banyak factor yang menyebabkan seorang Ibu bersalin (Bulin) maupun Ibu hamil (Bumil)  meninggal. Pada Ibu bersalin, yang terbanyak adalah karena perdarahan. Karena itulah mengapa mengatasi perdarahan menempati porsi terbesar dalam menekan atau mengurangi angka kematian Ibu bersalin.
Tidak bijaksana bila kita hanya berpikir mengatasi perdarahan untuk menekan angka kematian Ibu bersalan. Kita harus berpikir apa yang menyebabkan seorang Ibu Bersalin mengalami perdarahan, penyebab itulah yang harus kita atasi. Selanjutnya penyebab sehingga terjadi perdarahan itu harus dicari lagi, dst. sehingga ditemukan hal yang paling mendasar. Dari rangkaian penyebab itu akan dapat terlihat bahwa hal yang simple atau mendasar bila tidak diatasi segera akan menyebabkan hal yang besar dengan risiko yang besar pula.
Contoh Bagan tugas dapat dilihat sebagai berikut   
I.    Kematian, dapat terjadi karena  ;
a.    Perdarahan
b.    ……. (cari)
c.    ……. (cari)
d.    Dst.
Dari sekian penyebab kematian ini pilih satu (misalnya  ; perdarahan) kemudian bahas dengan menggunakan variable epidemiologi (Agent, host, environment) tentang :
a.    Pencegahan agar tidak terjadi perdarahan
b.    Penanggulangan ketika perdarahan terjadi
II.    Perdarahan (yang dipilih), dapat terjadi karena
a.    Anemia
b.    Hipertensi
c.    Rupture
d.    ……. (cari)
e.    Dst.
Dari sekian penyebab perdarahan tersebut pilih satu (misalnya ; anemia) kemudian bahas dengan menggunakan variable epidemiologi (Agent, host, environment) tentang :
c.    Pencegahan agar tidak terjadi anemia
d.    Penanggulangan ketika anemia terjadi

III.    Anemia  (yang dipilih), dapat terjadi karena
a.    Kurang gizi
b.    Adanya penyakit infeksi
c.    ………. (cari)
d.    Dst.
Dari sekian penyebab anemia tersebut pilih satu (misalnya : kurang gizi) kemudian bahas dengan menggunakan variable epidemiologi (Agent, host, environment) tentang :
a.    Pencegahan agar tidak terjadi kurang gizi
b.    Penanggulangan ketika kurang gizi terjadi
IV.    Kurang Gizi (yang dipilih), dapat terjadi karena
a.    Budaya
b.    Social
c.    pengetahuan
d.    ……. (cari)
e.    Dst
Dari sekian penyebab kurang gizi  tersebut pilih satu (misalnya : sosial) kemudian bahas dengan menggunakan variable epidemiologi (Agent, host, environment) tentang :
c.    Pencegahan agar tidak terkontaminasi factor social yang merugikan
d.    Penanggulangan ketika factor social  sudah melanda person tersebut
V.    Dst. dicari sampai pada hal yang sekecil-kecilnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar